VHSOne Library

  • Beranda
  • Pengunjung
  • Informasi
  • Berita
  • Panduan
  • Pustakawan
  • Karya Buku
    Karya Buku Kepsek Karya Buku Guru Karya Buku Siswa
  • Inovasi Sekolah
    Karya Inovasi Kepsek
  • MITRA SEKOLAH
    NYALANESIA Gurusiana SIBI
  • E-Magazine
    Lensa DWP SMKN 1 Tuban Kriyasadana Kemendikbud
  • Artikel&E-Book
    E-Book Mapel Artikel/Opini Guru Artikel/Opini Siswa
  • Area Anggota
  • Masuk
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}

Kurangnya Percaya Diri dan Fenomena Bunuh Diri di Kalangan Pelajar: Memahami Tantangan Psikologis Masa Kini


Kurangnya Percaya Diri dan Fenomena Bunuh Diri di Kalangan Pelajar: Memahami Tantangan Psikologis Masa Kini

Oleh: Pregiwo Shandy Pramesty, S.Pd

Di tengah gemerlap teknologi dan tekanan sosial yang terus berkembang, fenomena kurangnya percaya diri dan peningkatan kasus bunuh diri di kalangan pelajar menjadi isu serius yang memerlukan perhatian mendalam. Masa remaja dan awal dewasa adalah masa transisi yang penuh dengan tantangan dan ketidakpastian, namun dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan dramatis dalam tingkat stres, kecemasan, dan depresi di kalangan pelajar. Artikel ini akan menjelaskan beberapa faktor utama yang berkontribusi pada kurangnya percaya diri di kalangan pelajar, dampaknya terhadap kesejahteraan mental, dan langkah-langkah yang dapat diambil oleh individu, keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk mengatasi masalah ini.

Tantangan Kurangnya Percaya Diri di Kalangan Pelajar

1.Tekanan Akademik dan Prestasi

Pelajar sering kali menghadapi tekanan untuk mencapai prestasi akademik yang tinggi. Standar yang tinggi dan ekspektasi yang berlebihan dari orang tua dan sekolah dapat membuat pelajar merasa tidak mampu memenuhi harapan, mengurangi rasa percaya diri mereka.

2.Tantangan Sosial dan Penilaian

Sosial media telah membuka pintu bagi perbandingan sosial yang konstan. Pelajar merasa terus-menerus dinilai berdasarkan penampilan fisik, prestasi akademik, dan popularitas, yang dapat merendahkan rasa percaya diri mereka jika mereka merasa tidak memenuhi standar sosial yang ditetapkan.

3.Bullying dan Stigma

Pelajar yang mengalami intimidasi (bullying) sering mengalami penurunan drastis dalam rasa percaya diri mereka. Bullying tidak hanya berdampak pada kesejahteraan emosional, tetapi juga menciptakan stigma dan ketidakpercayaan terhadap orang lain.

4.Tantangan Identitas dan Penerimaan Diri

Masa remaja adalah waktu di mana pelajar mencari identitas mereka sendiri. Ketidakpastian tentang orientasi seksual, identitas gender, atau perasaan tidak diterima oleh masyarakat dapat menyebabkan konflik internal yang mempengaruhi rasa percaya diri.

Dampak Kesejahteraan Mental dan Fenomena Bunuh Diri

1. Depresi dan Kecemasan

Kurangnya percaya diri dapat berkembang menjadi depresi dan kecemasan. Pelajar yang merasa tidak cukup baik atau berharga sering mengalami tekanan emosional yang mendalam, yang dapat mengakibatkan gangguan mental serius.

Peningkatan Kasus Bunuh Diri*: Dalam kasus yang paling tragis, perasaan putus asa dan kurangnya harapan dapat mendorong pelajar untuk mempertimbangkan bunuh diri sebagai jalan keluar dari tekanan yang mereka rasakan. Statistik menunjukkan peningkatan alarm tentang jumlah kasus bunuh diri di kalangan pelajar, menyoroti kebutuhan mendesak akan intervensi dan pendukungan.

2. Langkah-langkah untuk Mengatasi 

a. Pendidikan Kesehatan Mental

Pentingnya pendidikan kesehatan mental di sekolah tidak dapat dilebih-lebihkan. Pelajar perlu dipahamkan tentang stres, kecemasan, depresi, dan cara mengatasi tekanan emosional. Ini dapat membantu mereka mengenali gejala-gejala tersebut pada diri mereka sendiri dan orang lain.

b. Dukungan Sosial dan Psikologis

Penting bagi pelajar untuk merasa didukung dan diterima di rumah, di sekolah, dan dalam lingkungan sosial. Mendengarkan mereka dengan empati, menciptakan ruang aman di mana mereka dapat berbicara tentang perasaan mereka, dan menyediakan akses ke layanan kesehatan mental profesional dapat membuat perbedaan besar.

c. Pencegahan Bullying

Sekolah dan komunitas harus bekerja sama untuk mencegah bullying dengan mengedukasi pelajar tentang dampaknya, mempromosikan toleransi, dan memberlakukan tindakan tegas terhadap pelaku bullying.

d. Promosi Diversitas dan Penerimaan

Masyarakat perlu merangkul keberagaman dan memastikan bahwa setiap individu dihargai tanpa memandang orientasi seksual, identitas gender, atau penampilan fisik. Semakin inklusif lingkungan, semakin sedikit tekanan sosial dan stigma yang dirasakan oleh pelajar.

e. Peningkatan Kesadaran Orang Tua dan Guru

Orang tua dan guru memainkan peran penting dalam membimbing dan mendukung pelajar. Mereka harus meningkatkan kesadaran tentang tekanan yang dihadapi oleh generasi muda, mendengarkan perasaan anak-anak mereka, dan mengambil langkah-langkah aktif untuk mengatasi tantangan ini.

Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

Kurangnya percaya diri dan fenomena bunuh diri di kalangan pelajar adalah isu kompleks yang memerlukan kerjasama antara keluarga, sekolah, pemerintah, dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan meningkatkan kesadaran, mendukung pelajar dengan tepat, dan menciptakan lingkungan yang mendukung, kita dapat membantu generasi muda menghadapi tantangan ini dengan lebih baik. Semua orang memiliki peran penting dalam menciptakan masyarakat yang mendukung pertumbuhan, penerimaan, dan percaya diri di kalangan pelajar, membantu mereka melangkah maju menuju masa depan yang lebih cerah dan berdaya.

VHSOne Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan bukan lagi hanya sebagai tempat penyimpanan buku. Di era digital saat ini, perpustakaan telah bertransformasi menjadi ruang inovatif dan rekreatif yang dilengkapi dengan teknologi mutakhir. Hadir VHSOne Library Perpustakaan Digital SMKN 1 Tuban,  dikenal sebagai perpustakaan pintar, VHSOne Library menggunakan kemajuan teknologi untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung, mempromosikan berbagi pengetahuan, dan memperluas aksesibilitas terhadap informasi.


© 2025 — VHSOne Library

Ditenagai oleh SMK Negeri 1 Tuban
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?